Jumat, 27 September 2013

Manfaat Jeruk Nipis



Jeruk nipis sudah dikenal sejak jaman dahulu dan merupakan tanaman buah yang memiliki banyak manfaat.  Buah yang memiliki rasa yang asam ini memiliki nama lain yaitu Citrus aurantifolia. Buah yang memiliki ciri bulat dan berwarna hijau berdiameter  4-6 cm ini memiliki banyak sekali manfaat. Masyarakat mengenal buah ini sebagai bahan masakan ,penyegar dan minuman. Manfaat jeruk nipis sendiri sangat banyak, selain sering di gunakan untuk masakan jeruk nipis juga bisa di gunakan untuk  membersihkan karat pada logam. Tetapi banyak masyarakat yang menggunakan jeruk nipis untuk bahan obat batuk, menghilangkan dahak dan baik untuk memperlancar proses pencernaan. Banyak manfaat jeruk nipis yang bisa kita rasakan antara lain :

-         Menambah kinerja dalam pencernaan
Mengonsumsi jeruk nipis yang di campur dengan air hangat akan memberikan manfaat baik pada pencernaan. Hal ini pun akan membantu tubuh kita tetap sehat dan segar, sehingga aktifitas pun dapat berjalan dengan baik.

-         Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin yang ada di dalam jeruk nipis sangat memberikan banyak manfaat bagi kita. Kandungan vitamin C yang dimiliki mampu di serap oleh tubuh kita sehingga kekebalan tubuh meningkat dan tentunya akan melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit.

-         Menghambat siklus penuaan
Jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kulit kita. Sudah terbukti manfaat jeruk nipis ini mampu menangkal radikal bebas dalam kulit. Dengan cara memotong tipis-tipis lalu di tempelkan pada kulit wajah yang keriput atau dengan mencampurnya dengan air hangat.

-         Menghilangkan bau
Jeruk nipis juga bisa untuk menghilangkan bau, karena di dalam jeruk nipis terdapat zat yang memiliki aroma yang sangat menyengat dan segar tentunya.  Hanya dengan cara memeras jeruk nipis, lalu air jeruk nipis yang telah diperas tadi dicampur sedikit kapur sirih. Kemudian gosokkanlah pada bagian yang dapat menimbulkan keringat seperti ketiak

-         Sebagai obat batuk
Sudah banyak orang yang merasakan bahwa Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampur Jeruk Nipis dengan Madu. Minumlah air perasan Jeruk Nipis dengan kecap atau Madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.


Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari buah yang memiliki kandungan zat flavonoid yang dapat mencegah proses penuaan. Manfaat jeruk nipis yang banyak mengandung vitamin c ini sangat baik di gunakan bagi tubuh, karena zat yang ada dalam buah ini adalah zat yang juga di butuhkan oleh tubuh kita. 

Jeruk nipis sangat mudah di tanam, didaerah perkotaan yang beriklim tropis, jadi apabila kita ingin memiliki tumbuhan ini kita dapat menanamnya pada halaman rumah atau pekarangan dan tumbuhan ini tidak memerlukan perwatan yang rumit. Dan apabila anda belum sempat menanamnya tetapi sangat membutuhkan akan manfaat jeruk nipis, jeruk nipis sangat mudah di temukan di pasar bahkan di supermarket sekalipun.